Akademi resmi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Akademi GarudaKu mendapatkan kesempatan istimewa berpartisipasi dalam Sports Visitor Program 2024.

Sports Visitor Program 2024 adalah program pertukaran yang diselenggarakan The US Department of State dan North America Scholastic Esports Federation sebagai mitra pelaksana, melibatkan kedutaan besar dan konsulat Amerika Serikat di seluruh dunia.

Undangan khusus berpartisipasi pada Sports Visitor Program 2024 dari The US Department of State kepada Akademi GarudaKu bertujuan untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang program pembinaan talenta esports secara strategis dan komprehensif.

Selama berpartisipasi pada Sports Visitor Program 2024, Akademi GarudaKu juga mendapat kesempatan untuk mengetahui pengetahuan tepat guna mengenai manajemen industri olahraga seperti pengelolaan penyelenggaraan kompetisi olahraga, pengembangan keterampilan, kepemimpinan, keterlibatan komunitas dalam pengembangan industri, dan peningkatan inklusivitas dalam industri.

BERITA PILIHAN REDAKSI
Akademi GarudaKu gandeng US Consulate dalam kolaborasi pengembangan esports di Indonesia
Akademi Garudaku, sarana penting lahirkan talenta esports berkualitas dan berkarakter
SMK Muhammadiyah Bligo juara Liga Ekskul Akademi 2024

PB ESI melalui Akademi GarudaKu menyambut baik program Sports Visitor Program 2024, kerja sama pengembangan potensi esports di Indonesia

Akademi GarudaKu, Esports
Kredit: GarudaKu

Ketua Harian PB ESI, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H, M.Hum, melihat program ini sebagai bentuk kerja sama yang positif bagi pengembangan kompetensi esports di masing-masing negara.

Bagi PB ESI, pengembangan kompetensi talenta esports, termasuk dari kalangan dunia pendidikan atau masyarakat umum yang berada di seluruh penjuru tanah air, merupakan bagian kritikal dan terintegrasi dalam desain besar esports nasional yang bermuara pada keberadaan Indonesia sebagai salah satu kekuatan utama esports di kancah internasional.

SEA Games, PB ESI
Dhonazan Syahputra/

“PB ESI terus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi esports Indonesia melalui pendekatan strategis, salah satunya adalah sinergi dengan ekosistem pendidikan yang kami yakini mampu mencetak talenta-talenta esports yang tidak hanya piawai dalam berkompetisi esports, namun juga cerdas, memiliki wawasan yang luas, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan esports Tanah Air sesuai dengan talenta masing-masing,” ujar Bambang Sunarwibowo.


Mewakili pemerintah Amerika Serikat, US Consulate Public Affairs Officer, Joshua Shen meyakini bahwa Sports Visitor Program 2024 dapat menjadikan Indonesia sebagai sentra esports dunia dalam hal pengembangan talenta-talenta muda.

“Esports dapat mempertemukan generasi muda dari berbagai wilayah untuk berkompetisi dengan menjunjung sportivitas tinggi. Kami meyakini bahwa esports dapat memberikan kontribusi bagi ekonomi kreatif Indonesia,” tutur Joshua Shen.