Update patch MLBB terbaru 1.9.32 telah hadir di dalam Original Server pada Rabu (6/11) dan menghadirkan banyak perubahan. Selain mengubah kemampuan beberapa hero yang kurang populer di ranked serta dan item, Moonton pun terlihat sangat fokus untuk memperbaiki efek airborne agar permainan jadi lebih adil.
Hal ini juga diungkapkan secara langsung oleh Moonton melalui notes dari update patch MLBB terbaru 6 November 2024, di mana mereka tengah berusaha untuk “mengoptimalkan durasi airborne untuk beberapa hero” sebagai bentuk respon mereka atas feedback yang diberikan oleh para pemain.
Pasalnya, ada banyak hero yang cukup mudah untuk terkena efek crowd control ini secara terus-menerus dari lawan dalam bermain MLBB, sehingga mereka tidak memiliki kesempatan untuk melepaskan diri. Penyebab utama dari hal ini adalah efek airborne yang tidak bisa dipengaruhi oleh Resilience, meskipun hampir semua efek CC di MLBB terpengaruh olehnya.
Maka dari itu, Moonton mencoba untuk menyesuaikan durasi beberapa efek airborne melalui update patch MLBB terbaru 1.9.32 ini dengan membuat durasi crowd control dan efek visual airborne menjadi lebih singkat dari sebelumnya. Hal ini juga yang membuat ada banyak hero yang mengalami perubahan skill di update patch MLBB kali ini.
Selain itu, Moonton juga akan memberikan penyesuaian tambahan untuk beberapa hero yang saat ini performanya kurang baik di Official Server dan berjanji akan lebih berhati-hati lagi dalam menerapkan efek airborne ini ketika mendesain hero di masa yang akan datang.
Tak berhenti sampai di situ, peningkatan regenerasi dan penyesuaian HP untuk hero selain Marksman juga akan mendapatkan perubahan. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa hero yang memiliki perbedaan cukup signifikan di lane pada early game, sehingga harus sering recall agar tidak tereliminasi di turret mereka.
Selain itu, menyergap gold lane lawan di early game juga akan memberikan keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan lane lainnya. Semua ini dihadirkan dengan harapan membuat pertarungan lane di early game menjadi lebih strategis dan menyeimbangkan risiko, serta keuntungan dari menyergap lane yang berbeda di awal permainan.
Penyesuaian hero di update patch MLBB terbaru 1.9.32 6 November 2024
Granger (Revamped)
- Skill pasif – Capriccio
- Setiap kali mengeliminasi Minion/Creep akan meningkatkan batas Energy Pistol dan Meriamnya secara permanen, dan memulihkan Energy mereka dengan cepat. Dia bisa menembak terus-menerus selama mempunyai Energy yang cukup. Kedua senjatanya memulihkan sejumlah persentase Energy setiap detik.
- Pengurangan Cooldown yang didapatkan Granger akan dikonversi menjadi poin Attack.
- Skill 1
- Rhapsody dari revamp Granger ini masih akan melepaskan tembakan sebanyak enam kali ke arah yang ditentukan, dengan damage critical di tembakan terakhir. Namun skill ini sekarang tidak lagi memiliki cooldown dan bisa terus digunakan selama masih ada Energy di Pistolnya.
- Selama menembak, revamp Granger akan mendapatkan Movement Speed tambahan, memberikan damage tambahan ke Minion, dan bisa menggunakan Ultimate-nya.
- Skill 2
- Revamp Granger akan berlari ke arah target yang ditentukan dan memulihkan Energy untuk Pistolnya dengan cepat. Setiap kali Rhapsody mengenai lawan, cooldown Rondo juga akan dikurangi.
- Ultimate
- Death Sonata dari revamp Granger ini lebih fleksibel untuk digunakan. Sang hero bisa berguling ke arah target setelah setiap tembakan yang dilepaskan. Sama seperti Rhapsody, Death Sonata juga sekarang tidak lagi memiliki cooldown dan bisa terus digunakan, selama masih ada Energy di Meriamnya.
Clint
Mengoptimalkan pengalaman dalam menggunakan skill milik Clint untuk meningkatkan kemampuannya dalam beradaptasi, sambil sedikit mengurangi tekanan yang bisa ia berikan di fase laning, serta atributnya di late game agar seimbang.
- Atribut:
- Pertumbuhan XP: Dari 170 turun menjadi 145.
- Pertumbuhan Physical Attack: Dari 14 turun menjadi 12.
- Skill 1:
- Mengurangi 50% jeda sebelum skill aktif.
- Mengurangi 20% jeda setelah skill aktif.
- Damage peluru kedua yang mengenai target yang sama: Dari 50% di semua level berubah menjadi 30%-50%.
- Skill 2:
- Jangkauan skill ditingkatkan dari 4,4 menjadi 3,8.
- Jarak pergerakan ditingkatkan dari 2,3 menjadi 3.
- Kecepatan pergerakan meningkat 20%.
- Ultimate:
- Mengurangi 33% jeda sebelum skill aktif.
- Mengurangi 33% jeda setelah skill aktif.
- Jangkauan skill diturunkan dari 8 menjadi 7 (Disesuaikan agar sama dengan jangkauan basic attack yang diperkuat, agar ultimate bisa langsung dilanjutkan dengan basic attack yang diperkuat saat mengetai target)
Cyclops
Bola Energi dari ultimate Cyclops bergerak lambat. Walaupun Ultimate-nya didesain agar durasi efek immobilize menjadi lebih lama saat target lebih jauh, tetapi jika jaraknya terlalu jauh, dia tidak akan bisa mengombinasikannya dengan skill lain. Ini jadi alasan kami meningkatkan kecepatan terbang Bola Energi dan menyesuaikan nilai skill lainnya.
Selain itu, sebelumnya skill 1 dan ultimate Cyclops juga punya jangkauan lebih jauh, sementara jangkauan skill 2-nya lebih pendek. Kami juga akan meningkatkan jangkauan skill 2 dan sedikit mengurangi damage-nya agar seimbang.
- Skill 2
- Jangkauan penggunaan: 5,2 >> 5,7
- Damage: 200-350 + 50% Total Magic Power >> 200-325 + 40% Total Magic Power
- Ultimate
- Kecepatan awal Bola Energi: 1 >> 6 (tidak lagi bertambah cepat seiring waktu terbang)
- Cooldown: 43 detik di semua level >> 26-18 detik
- Damage: 550-880 + 220% Total Magic Power >> 500 + 120% Total Magic Power
- Penggunaan Mana: 160-200 >> 60-100
- Durasi efek immobilize: 1-2 detik (meningkat sesuai jarak tempuh) >> 0,75-1,5 detik
Joy
Kami mengurangi waktu yang diperlukan Joy untuk memberikan damage maksimal demi meningkatkan burst-nya dan lebih menonjolkan sisi Assassin-nya.
- Skill 2
- Jeda skill: 1 detik >> 0,8 detik.
Fanny
Kami memandang Fanny sebagai hero dengan tingkat kesulitan tinggi, tetapi punya potensi besar. Kami sudah memperbaiki masalah ultimate-nya yang mengaktifkan skill 1 tanpa kendali, dan mengurangi damage saat ultimate digunakan langsung. Namun, karena win rate Fanny saat ini tidak terlalu tinggi, kami juga meningkatkan kemampuan pertarungan berkelanjutan miliknya.
- Atribut
- Pemulihan Energy: 3 >> 5
- Skill pasif
- Energy yang dipulihkan setiap Prey Mark: 7 >> 8
- Ultimate
- Memperbaiki masalah menggunakan Ultimate saat terbang juga akan mengaktifkan Skill 1 di situasi tertentu.
- Bonus physical attack tambahan: 240% >> 200%
- Peningkatan damage setiap stack: 20% >> 30%
Xavier
Xavier kekurangan perlindungan diri saat lawan berada dalam jarak dekat. Kami mempersingkat jeda sebelum skill 2 Xavier aktif, membuatnya bisa melakukan kombo skill 1 & 2 untuk menyebabkan immobilize ke lawan, bahkan dalam jarak yang dekat.
- Skill 2
- Mengurangi 50% jeda sebelum skill aktif.
- Damage Dasar: 200-300 + 60% Total Magic Power >> 220-340 + 65% Total Magic Power Damage Tambahan: 200-300 + 60% Total Magic Power >> 220-340 + 65% Total Magic Power
Chip
Mengurangi damage yang diberikan dan atribut dasarnya. Selain itu, sesuai dengan penyesuaian airborne, efek asli airborne singkat sudah dihapus.
- Atribut
- HP dasar: 2.581 >> 2.481
- Pertumbuhan physical defense: 7,2 >> 5,5
- Skill 1
- Damage: 150-300 + 6% Max HP target >> 100-200 + 4% Max HP target
- Damage Basic Attack yang Diperkuat: 200-350 + 40% Total Magic Power >> 150-275 + 30% Total Magic Power
- Skill 2
- Menghapus efek airborne 0,2 detik.
Khaleed
Khaleed dengan build full defense saat ini punya damage dan daya tahan yang tinggi. Kami bertujuan untuk melakukan sedikit nerf dan mempertahankan damage early game-nya yang tinggi.
- Atribut
- Pertumbuhan physical attack: 11,25 >> 9,5
- Skill 2
- Pengurangan damage: 35%-50% >> 25%-40%
Kadita
Demi mengatasi pengurangan durasi airborne, kami mengoptimalkan pengalaman penggunaan beberapa skill Kadita dan memastikan kombo eliminasi yang lancar, bahkan dengan pengurangan durasi airborne.
- Skill 1
- Kecepatan pergerakan: 8 >> 10
- Kecepatan ombak: 8 >> 10
- Skill 2
- Mengurangi 50% jeda sebelum skill aktif.
- Durasi airborne: 1,5 detik > 1 detik
- Ultimate
- Mengurangi 15% jeda sebelum skill aktif.
Gatotkaca
Dengan Thunder Belt, build defense penuh Gatotkaca memberikan damage yang berlebihan. Kami mengurangi damage dari basic attack-nya yang diperkuat dan mempersingkat durasi airborne.
- Pasif
- Damage basic attack yang diperkuat setiap Rage: 10 >> 8
- Ultimate
- Durasi airborne: 1,2 detik >> 1 detik
Vale
Untuk mengatasi pengurangan durasi airborne, kami sudah menyesuaikan skill lainnya agar mempermudah kombo ultimate Vale, meskipun durasi airborne-nya dikurangi.
- Skill 2
- Durasi airborne: 1 detik >> 0,6 detik
- Damage: 400-600 + 60% Total Magic Power >> 350-700 + 100% Total Magic Power
- Cooldown: 10 >> 10-8 detik
- Ultimate
- Jeda ledakan: 1,6 detik >> 1 detik
- Meningkatkan kekuatan efek tarikan secara drastis.
Guinevere
Demi mengatasi pengurangan durasi airborne, kami mengurangi jeda sebelum dan setelah penggunaan skill aktif. Penyesuaian ini akan mempermudah kombo skill setelah mendaratkan skill 2 dan diikuti dengan ultimate, bahkan dengan pengurangan durasi airborne.
- Skill 1
- Mengurangi 25% jeda sebelum skill aktif.
- Mengurangi 50% jeda setelah skill aktif.
- Skill 2
- Mengurangi 50% jeda setelah skill aktif.
- Durasi airborne: 1 detik >> 0,8 detik
- Jangkauan: 5 >> 5,3
Tigreal
- Skill 2
- Durasi airborne: 1 detik >> 0,6 detik
Vexana
- Ultimate
- Durasi airborne: 0,8 detik >> 0,6 detik
Grock
- Ultimate
- Durasi airborne: 1 detik >> 0,8 detik
Lesley
- Skill 2
- Durasi Airborne: 0,5 detik >> 0,4 detik
Martis
- Skill 2
- Durasi airborne: 0,5 detik >> 0,4 detik
Khufra
Terkini Lainnya
Penyesuaian hero di update patch MLBB terbaru 1.9.32 6 November 2024
Penyesuaian battle spell di update patch MLBB terbaru 6 November 2024
Penyesuaian equipment di update patch MLBB terbaru 6 November 2024
Penyesuaian battlefield di update patch MLBB terbaru 6 November 2024