Di Brasil dan MPL LATAM, RRQ Akira merupakan tim terbaik dan benar-benar menjadi “Raja dari segala Raja” dalam beberapa tahun terakhir. Namun di level internasional, mereka masih sangat kesulitan untuk bisa berbicara banyak.

Di scene esports MLBB dunia, MPL LATAM bisa dikatakan sebagai salah satu region yang masih harus banyak belajar dan berkembang untuk bisa setara dengan tim-tim MPL di Asia Tenggara. Padahal mereka sudah memiliki MPL sejak 2021 dan sudah mulai tampil di level internasional sejak M1 World Championship.

Mobile Legends, MPL Brasil, turnamen resmi Mobile Legends, tim-tim Brasil di M3
Kredit: Moonton

Meski RRQ Akira sebagai tim terbaik di MPL LATAM sempat mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa turnamen internasional terakhir, ajang MSC 2024 seakan menjadi cerminan dari kualitas mereka saat ini. Bersaing di Grup B bersama NiP Flash, Fire Flux Esports, dan EVOS Glory, Luiizz dkk hanya mampu meraih satu hasil imbang tanpa pernah menang.

Setelah dipastikan tersingkir dari MSC 2024, RRQ Akira mengungkapkan hal apa yang paling menjadi kendala bagi mereka dalam berkembang atau mempersiapkan tim jelang tampil di turnamen internasinal. Mereka pun mengaku bahwa sulitnya memiliki scrim atau lawan tanding yang sepadan.

RRQ Akira, Team RRQ, MSC 2024, MLBB, Mobile Legends
Kredit: Esports World Cup

“Saya tidak tahu apakah ini menjadi masalah Moonton juga atau tidak karena di LATAM, ketika MPL berakhir, tim-tim juga ‘berakhir’. Kami tidak memiliki tim untuk berlatih dengan hanya memiliki satu scrim per hari, atau bahkan tidak sama sekali,” tutur Gustalagusta kepada .

“Jika kami (berlatih) mengandalkan Ranked game, levelnya sangat jauh di bawah. Jadi bisa dikatakan kami hanya berlatih sendirian sepanjang minggu,” katanya.

BERITA MSC 2024 LAINNYA
RRQ Akira kesulitan di MSC 2024 karena patch baru
MSC 2024: EVOS Glory pulang pagi
Jadi juara grup A, NiP Flash ungkap target di MSC 2024

Apakah hanya RRQ Akira yang kesulitan scrim jelang MSC 2024?

Mobile Legends, RRQ Akira MSC 2024
Kredit: Esports World Cup

Sebenarnya, apa yang dialami RRQ Akira ini adalah sesuatu yang lumrah terjadi. Tak hanya di MPL LATAM, setiap tim yang akan bertanding di level internasional juga akan kesulitan untuk mendapatkan scrim yang memadai.