Bagi para penggemar MLBB, siapa yang tak kenal Alston Pabico alias ECHO Sanji. Ia merupakan juara dunia MLBB M4 World Championship, yang ternyata mendapat banyak inspirasi dan kekuatan dari keluarga dan anime.

Tanpa dukungan dan inspirasi dari keluarga dan anime, kita tidak akan mengenai sosok ECHO Sanji seperti saat ini. Dirinya bisa memiliki mentalitas dan semangat sebagai pro player MLBB sukses dari hal tersebut.

Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama , ECHO Sanji berbagi banyak hal, termasuk alasan dirinya menyukai anime, inspirasi IGN-nya, kecintaan sang ayah terhadap game dan anime, serta kenapa menonton anime terutama One Piece, dapat meningkatkan mentalitasnya.


Asal usul IGN ECHO Sanji

Sanji, One Piece
Kredit: Toei Animation, Taz Skylar

Dengan mengetahui kecintaannya terhadap One Piece, sudah bisa ditebak dari mana inspirasi IGN Sanji berasal. Sanji yang merupakan salah satu karakter populer dari serial anime dan manga One Piece, menjadi inspirasi IGN-nya.

Ketika ditanya tentang pemilihan nama ini, midlaner Filipina itu mengaku kagum dan menggambarkan Sanji sebagai “badass” alias “keren”. Namun, dengan cepat ia langsung menegaskan bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan memasak atau berkelahi seperti Sanji.

BERITA TERKAIT
Eksklusif Profil Ranger Emas: Sempat jadi sopir, kini jadi caster top Mobile Legends
Usia cuma angka! Nenek 74 tahun berjaya di Mobile Legends
Profil dan biodata Tazz: Jadi pro player karena REKT hingga alasan unik main Fanny

ECHO Sanji berasal dari keluarga gamer dan otaku

Mobile Legends, ECHO Sanji, ayah sanji
Screenshot by Ron Muyot/

Kecintaan ECHO Sanji kepada anime ini sudah dimulai saat masih duduk di bangku sekolah dasar. Dia pun mengenang saat-saat ketika dirinya dan sang ayah, Aaron, menonton serial anime bersama setelah pulang sekolah.

Daftar tontonan mereka termasuk anime klasik seperti Dragon Ball, Baki the Grappler, dan tentu saja One Piece. Ketertarikan yang sama terhadap anime ini tidak hanya memperkuat ikatan mereka, tetapi juga meletakkan dasar dan hasrat yang kuat bagi dirinya kepada hal tersebut.

Mobile Legends, ECHO Sanji, ayah sanji
Kredit: Aaron Vazoryo

Sang ayah tidak hanya berbagi antusiasmenya terhadap anime, tetapi juga kecintaannya pada game. Rumah mereka adalah surga bagi para gamer dan otaku, serta menjadi lingkungan yang sempurna bagi ECHO Sanji dalam menemukan minatnya.

Duo ayah-anak ini tidak hanya menonton setiap episode One Piece bersama-sama, tetapi juga menikmati berbagai video game. Tak pelak hal ini pun semakin membentuk hubungan yang unik di antara keduanya.


Bagaimana ECHO Sanji menemukan kekuatan melalui anime

Mobile Legends, MLBB, ECHO Sanji, M4
Sumber: Dhonazan Syahputra/

Di dunia game profesional yang serba cepat, stres dan tekanan akan selalu menjadi teman. Demi mengatasi dampak mental dari persaingan yang ketat, ECHO Sanji memasukkan anime ke dalam rutinitas hariannya.

Sebelum bertanding di setiap kompetisi, dia meluangkan waktu untuk menonton, setidaknya satu episode, dari serial anime yang ada di dalam daftarnya. Ritual ini berfungsi sebagai bentuk relaksasi, yang memungkinkan dia dapat menjernihkan pikiran dan menemukan fokus.